OK… Kali ini kita semua akan belajar tentang makna Sabar.

Wahhh.. kyknya topik yg cukup berat ya 😕

Tapi tenang dulu, saya akan usahakan agar topik ini tidak menjadi topik yg berat 😀

Dan semoga bisa menjadi topik yg ringan yg bisa segera kita aplikasikan setelah sama2 selesai membaca nya. Amin 😀

Ok… kita mulai ya…

Sabar berasal dari bahasa arab “Shabara – Shabura – Shabran – Shabaaratan”, yg artinya : menanggung atau menahan sesuatu.

Banyak orang (termasuk diri saya sendiri :p) yg sering mengartikan sabar dengan sebuah tindakan pasif atau pasrah begitu saja.

Padahal apabila kita telaah lebih jauh lagi ttg makna sabar, maka kita bisa dapatkan bahwa yg dimaksud dengan sabar itu adalah menahan atau mengendalikan segala sesuatu yg menimpa diri kita agar selalu tetap dijalan Allah swt.

Jadi dengan kata lain, sabar itu adalah tindakan yg aktif bukan pasif.  Kita bisa misalkan dengan contoh sederhana berikut ini,

“Si A pergi ke masjid dengan memakai alas sendal jepit. Setelah dia selesai mengerjakan sholat dan menuju keluar masjid, dia melihat sendal jepit yg dipakai nya untuk pergi masjid telah lenyap.”

Kira2 apa yg akan dilakukan oleh si A ya ??????

Bisa saja si A langsung mengatakan “Saya ikhlas dengan hilangnya sendal saya.. ya sudah saya pulang dengan tidak beralaskan sendal saja (alias nyeker) :D”

atau si A akan berusaha mencari sendal nya di sekeliling lingkungan masjid serta bertanya kepada petugas atau penjaga masjid yg pd saat itu mungkin sempat melihat keadaan di depan pintu masjid sambil terus berpikiran positif meski pada akhirnya mungkin sendal nya tetap tidak ditemukan 😀

Apabila si A memahami makna sabar yang sebenarnya, maka si A akan lebih memilih untuk mencari terlebih dahulu sendal jepit nya yg hilang tersebut di sekitar lingkungan masjid dan apabila tetap tidak ditemukan juga, maka si A akan berpikiran positif dan mendo’akan supaya sendal nya yg hilang tersebut bisa bermanfaat bagi yg tidak sengaja mengambilnya. Kalaupun misalnya yang mengambil sendal nya itu sengaja, maka semoga Allah swt menyadarkan orang tersebut dan semoga ini adalah terakhir kali nya orang itu mengambil sendal yang bukan miliknya. 😀

Indah kan??? hehehehe… 😀

Tapi memang untuk benar2 memahami makna sabar dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari itu tidaklah mudah (kalo tidak mau dibilang susah :p)… tapi tidak ada salahnya apabila kita semua belajar agar bisa memahami dan mengaplikasikannya dengan baik apa itu makna sabar sebenarnya.

Ok.. saya kira cukup segini dulu saja 😀

Karena kalau terlalu panjang, nanti topik ini beneran jd topik yang berat… hehehehehe.. :p

Insya Allah nanti akan kita sambung lagi pembelajaran tentang Sabar ini.. ok2 😀

Semoga kita semua selalu dalam perlindungan-Nya ya. Amin 😀

Advertisements