Assalamu’alaikum Wr Wb…

Menuntut ilmu adalah wajib hukumnya bagi umat muslim. Tanpa ilmu, hidup kita di dunia yang hanya sebentar ini akan sia-sia. Kita akan banyak melakukan hal yang tidak ada manfaatnya dan pada saat di akhirat kelak kita tidak dapat menuai apa-apa. Sehingga kita akan rugi didunia dan akhirat.

Rasulullah saw bersabda,

“Orang yang paling alim adalah orang yang ilmunya mencakup ilmu seluruh manusia; orang yang paling tinggi nilainya adalah orang yang paling banyak ilmunya; dan orang yang paling rendah nilainya adalah orang paling sedikit ilmunya.”

Abu Abdillah (as) berkata,

“Aku tidak suka melihat seorang pemuda kecuali dia berada dalam dua keadaan, sebagai pengajar atau sebagai pelajar. Kalau tidak, ia melampaui batas; kalau melampaui batas, ia mengabaikan; kalau mengabaikan, ia berbuat dosa; kalau berbuat dosa, ia mendiami neraka — demi yang mengutus Muhammad dengan kebenaran.”

Mari kita semua berusaha untuk mengisi setiap jam, menit dan detik kita dengan belajar dan terus belajar. Karena tidak ada kata-kata “Saya sudah selesai belajar”. Selama kita masih bisa bernafas, maka selama itu pula kita akan terus belajar.

Semoga Bermanfaat. Amin. 🙂

Advertisements